Pengertian Media Komunikasi

2 min read

Istilah media komunikasi memiliki dua kata yang saling berhubungan yaitu media dan komunikasi, sebelum membahas istilah media komunikasi kita harus mengetahui terlebih dahulu kata demi kata dari istilah tersebut.

Kata media bersifat homonim karena meskipun ejaan dan pelafalannya sama tetapi maknanya berbeda tergantung dari topik yang ada. Media dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti: alat; perantara; penghubung; sarana. Sedangkan kata media dalam komunikasi berasal dari kata “mediasi” karena mereka hadir diantara pemirsa dan lingkungan, istilah untuk media yang ini sering digunakan untuk menyebut media massa.

Kata komunikasi atau dalam bahasa Inggris disebut communication berasal dari bahasa Latin yaitu communis yang memiliki arti ‘sama’. Secara sederhananya, komunikasi bisa terjadi jika ada kesamaan antara orang yang menyampaikan pesan dan yang menerima pesan. Oleh karena itu, komuniasi sangat bergantung kepada kemampuan untuk dapat memahami satu dengan yang lain.

Jadi jika ditelaah dari arti kata media dan komunikasi, istilah media komunikasi memili arti sarana atau alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan dari satu orang ke orang lain atau dari komunikator kepada khalayak.

Dalam berkomunikasi manusia tidak hanya menggunakan mulut sebagai media tetapi hampir semua bagian tubuh digunakan. Media komunikasi yang sering digunakan manusia yaitu tangan, mata, dan telinga untuk menerima pesan komunikasi.

Media juga adalah jendela yang memungkinkan semua orang dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, untuk penafsir yang membantu memahami pengalaman, untuk landasan penyampai informasi, sebagai komunikasi interaksi yang merupakan opini audiens, sebagai penanda pemberi petunjuk atau intruksi, sebagai filter dan pengalaman terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita serta penghalang yang menutupi kebenaran.

Pengertian Media Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Nurhayati

Menurut Nurhayati, Media komunikasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, sehingga seorang guru atau dosen harus mampu mengidentifikasi media-media yang dibutuhkan sebelum memulai proses pembelajaran.

Perawat gigi dalam memberikan upaya promotif berupa penyuluhan dapat disetarakan dengan seorang guru atau dosen yang mengajar dikelas. Dengan demikian perawat gigi hendaknya memahami seni mengelola kelas selama komunikasi dalam penyuluhan.

2. Badusah

Menurut Badusah, media adalah suatu kaedah atau perantara berkomunikasi yang berhubungan antara satu sama lain seperti menggunakan kabar, berita dan gambar untuk menyebarkan maklumat dan pandangan.

Dalam proses pengajaran dan pembelajaran, ia merupakan perantaraan yang menghubungkan maklumat dan tujuan pengajaran guru dengan penerima yaitu pelajar yang akan memproses perantaraan itu, dan jika sesuai dapat diterima oleh pelajar dengan berkesan.

3. James A. F. Stoner

Pengertian komunikasi menurut James A. F. Stoner adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

4. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Arti kata komunikasi menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

5. Anderson

Pengertian komunikasi menurut Anderson adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

6. Lexicographer

Definisi kata komunikasi menurut Lexicographer adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

7. Aristoteles

Definisi komunikasi, menurut Aristoteles adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

Jenis-Jenis Media Komunikasi Berdasarkan Fungsi

1. Fungsi produksi

Media komunikasi sangant bermanfaat suapaya menghasilkan suatu informasi.

2. Fungsi reproduksi

Media komunikasi bermanfaat agar bisa memperoduksi ulang serta menggandakan sebuah informasi.

3. Fungsi penyampai informasi

Media komunikasi memiliki fungsi agar bisa menkomunikasikan serta menyebarluaskan pesan terhadap komunikan sebagai sasaran informasi.

Bentuk Media Komunikasi

1. Media cetak

Beragam jenis media komunikasi yang bisa dilakukan melalui sebuah proses percetakan serta bisa dipakai sebagai sarana menyampaian informasi atau pesan. Contoh : buku, surat kabar, majalah, serta brosur.

2. Media visual atau media pandang

Penerimaan pesan yang tersampaikan melalui panca indera dan dapat dilihat . Contoh : gambar dan Foto.

3. Media audio

Penerimaan pesan yang tersampaikan dengan melalu indera pendengaran. Contoh: Radio dan Tape recorder.

4. Media Audio visual aid (AVA)

Media komunikasi yang bisa dilihat serta juga bisa didengar, agar mendapatkan informasi secara bersamaan. Contoh : televisi.

Prinsip-Prinsip Media Komunikasi

  1. Mengetahui dengan jelas untuk apa memilih media tersebut.
  2. Tidak didasarkan atas kesenangan pribadi.
  3. Menyadari bahwa tiap media memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga dapat dikatakan tidak semua media dapat dipakai untuk semua tujuan.
  4. Media yang dipilih disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.
  5. Pemakai harus memahami ciri-ciri media sehingga antara media dengan metode yang digunakan sesuai.
  6. Pemilihan media disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
  7. Pemilihan media juga didasarkan atas tingkat kemampuan sasaran.

Tujuan Media Komunikasi

  1. Menciptakan iklim bagi penerimaan dan perubahan nilai, sikap dan perilaku kesehatan.
  2. Mengajarkan keterampilan mendengarkan, membaca, menulis hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, dan lain-lain.
  3. Pengganda sumber daya pengetahuan, kenikmatan dan anjuran tindakan kesehatan.
  4. Membantu pengalaman baru terhadap perilaku hidup sehat dari statis ke dinamis.
  5. Meningkatkan aspirasi di bidang kesehatan.
  6. Menciptakan rasa kebanggaan/kesetiaan terhadap produk dan lain-lain.

1

Pengertian VPN

Dwi Adi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *