Pengertian Sistem Operasi

3 min read

Zaman sekarang kita tidak bisa lepas dari komputer dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat komputer saat ini tidak hanya berupa komputer desktop ataupun laptop, tetapi komputer sudah berubah menjadi ponsel. Ya ponsel saat ini bisa dikatakan komputer karena fungsinya yang tidak hanya untuk telepon dan sms tetapi semua pekerjaan yang biasa dikerjakan di komputer sekarang bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan ponsel, misalnya mengetik dokumen, bermain game, menggambar bahkan editing video. Karena kecanggihannya tersebut ponsel diberi julukan ponsel pintar alias smartphone.

Dalam mengoperasikan komputer dan smartphone kita tidak akan bisa lepas dengan suatu piranti lunak yang membuat keduanya dapat digunakan. Piranti lunak tersebut bernama Sistem Operasi.

PENJELASAN SISTEM OPERASI

Sistem Operasi (Operating System) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat  lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

FUNGSI SISTEM OPERASI

  1. Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  2. Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
  3. Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

MACAM-MACAM SISTEM OPERASI

Macam-macam sistem operasi antara lain sebagai berikut:

1. WINDOWS

Windows atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.

2. UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachussets (MIT) dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA). UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portabel, multi tasking dan multi user. Pengembangannya dimulai dari tahun 1970-an di Bell Labs oleh Ken Thompsons, Dennis Rithci, dan lain-lain.

3. macOS

macOS atau yang sebelumnya diperkenalkan dengan nama Mac OS X dan juga OS X adalah sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan Apple Inc. Sistem operasi ini dibuat khusus untuk perangkat yang mereka jual seperti Macbook, iMac, Mac Mini, dan Mac Pro. Karena keindahan grafis yang disajikan dan kualitas dari perangkat, keluarga Mac sering dijadikan panutan oleh pengembang komputer lain.

4. iOS

iOS yang sebelumnya diberi nama iPhone OS merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan dan distribusikan oleh Apple yang digunakan untuk perangkat mobile mereka seperti iPhone, iPod, iPad dan saat ini juga digunakan untuk Apple TV. Tidak seperti sistem operasi mobile lain seperti Windows Phone dan Android, iOS bersifat eksklusif jadi hanya digunakan di produk-produk Apple saja.

5. LINUX

Linux (GNU/LINUX). adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sistem operasi mirip UNIX yang menggunakan kernel Linux. Linux merupakan proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (open source) terbesar di dunia. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya. kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Untuk Linux anda tidak akan menemukan sistem operasi yang bernama itu dipasaran, karena bersifat open source banyak pihak yang mengembangkan Linux dengan cara mereka masing-masing dan juga memberi nama, untuk sistem operasi turunan Linux dikenal dengan istilah distro.

Sampai saat ini distro Linux sangat banyak dan mungkin akan terus bertambah. Beberapa distro Linux yang terkenal adalah:

  • Debian
  • Fedora
  • Ubuntu
  • Redhat
  • Slackware
  • BlankOn
  • OpenSUSE
  • dan masih banyak lagi

LAYANAN

Seiring dengan berkembangnya sistem operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. kini sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan jaringan dan koneksi internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem operasi juga perlu menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya seperti virus.

Program juga harus saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, dengan antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface) atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan sistem operasi, sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui antarmuka User. Sama hal nya dengan program, Program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara program tersebut dengan program yang lain.

PROSESOR

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederatan intruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasa sistem operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program.

BAGIAN PENTING DALAM SISTEM OPERASI

1. Mekanise Boot

Merupakan bagian Sistem operasi yang memiliki fungsi untuk meletakkan kernel ke memori kernel dimana kernel memiliki arti sebagai inti dari sistem operasi.

2. Command Interpreter

Dimana tugas Sistem operasi adalah untuk membaca input yang mencakup perintah yang menyediakan fungsi-fungsi standar ataupun fungsi dasar yang disebut software atau perangkat lunak.

3. Resourse Allocator

Membantu sistem operasi bertugas sebagai pengalokasi sumber daya dari sebuah perangkat serta mengaturnya.

4. Handler

Bagian lain dari Sistem operasi adalah kemampuannya untuk memberikan kendali dalam menghindari error dan mengeliminasi sumber daya yang tidak dibutuhkan.

5. Driver

Ini adalah bagian Sistem operasi yang lainnya dimana memiliki tugas untuk berinteraksi dengan hardware atau perangkat keras dan memberikan kontrol untuk kinerjanya.

0

Pengertian VPN

Dwi Adi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *