Pengertian VPN

2 min read

Pasti anda saat ini sudah sering mendengar istilah VPN. Istilah ini semakin populer setelah pemerintah Indonesia gencar dalam memblokir situs-situs ilegal ataupun situs yang tidak sesuai dengan regulasi pemerintah. Karena hal itu banyak orang yang mencari cara agar tetap bisa mengakses situs-situs yang diblokir tersebut, dan VPN adalah jawabannya.

Lalu apakah anda tahu VPN itu sebenarnya apa?

VPN kependekan dari Virtual Private Network yang secara kasar dapat diartikan Jaringan Maya Pribadi. Sederhananya dengan anda menggunakan VPN, anda akan dibuatkan jalur khusus yang terenkripsi di jaringan Internet. Dengan jalur yang terenkripsi data yang anda kirim dan terima saat berselancar atau aktifitas lain melalui internet tidak dapat diketahui oleh provider internet anda. Jadi, selain dapat membuka situs yang diblokir, dengan VPN anda akan terbebas dari iklan menyebalkan yang disisipkan oleh provide internet anda.

Pertama kali VPN dibuat untuk menghubungkan jaringan antara gedung satu dengan gedung yang lain, dari satu kantor ke kantor cabang kota lain. Biasanya ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang memiliki data sensitif yang tidak boleh sampai bocor ke publik, misalnya saja perbankan.

Dilihat dari arti namanya yaitu jaringan virtual pribadi, berarti jaringan yang pribadi, berarti bisa juga dikatakan jaringan yang aman. Tapi apakah benar-benar aman? Jawabannya tentu tidak, data anda memang terenkripsi dan tidak dapat di baca oleh provider internet anda, tetapi data yang anda kirim/terima ketika anda berinternet masih dapat dibaca oleh provider VPN itu sendiri. Jadi karena hal itu sebelum anda memutuskan menggunakan VPN sebagai solusi internet dengan “bebas” dan “aman”, anda harus memastikan juga VPN yang anda pakai bukan VPN gratis terutama ketika anda melakukan aktifitas perbankan.

Untuk lebih jelasnya tentang VPN seperti fungsi, manfaat, cara kerja, kelebihan dan kekurangnya anda dapat menyimak pembahasan kami dibawah ini.

Fungsi VPN

1. Kerahasiaan data

Data bersifat rahasia jadi data itu tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Penngunaan jaringan publik sekarang ini sangat berbahaya, Karea rentan terhadap percurian infromasi penting. Namun tenang saja VPN membuat data menjadi aman.

2. Keutuhan data

VPN akan menjaga keutuhan data yang dikirim sampai tujuan sehingga data yang dikirim tidak akan hilang,rusak ataupun di manipulasi oleh oknum yang tidak seharusnya

3. Otentikasi sumber

VPN berguna untuk memeriksa sumber2 data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus.

Manfaat VPN

  1. Kita dapat mengakses jaringan dimana saja dengan menggunakan jaringan internet
  2. Membantu menjaga jaringan internet sehingga kita dapat browsing/searching dengan aman.
  3. VPN dapat menyembunyikan riwayat penjelajahan Anda
  4. VPN akan menutupi alamat IP dan lokasi fisik Anda (alamat IP VPN menunjukkan bukan milik Anda)
  5. Dapat mengurangi risiko pencurian identitas karena Anda berada di zona atau ruang pribadi yang dilindungi ini
  6. Bisa ilegal di negara tertentu, jadi ketahuilah hukum dan peraturan spesifik Anda. Mereka legal di banyak negara. Anda mungkin bisa menebak mana yang tidak mengizinkannya, tetapi China, Korea Utara, Rusia, Irak, Turki, dan beberapa lainnya telah melarang VPN saat ini.

Bagaimana cara kerja VPN?

Ilustrasi dari namecheap.com

Ketika Anda terhubung ke layanan VPN, itu menciptakan terowongan terenkripsi melalui Internet. Itu mengamankan data perjalanan antara Anda dan tujuan Anda – apa pun dari mesin pencari ke akun perbankan online.

Terowongan ini dibuat dengan terlebih dahulu mengautentikasi klien Anda, ponsel cerdas atau tablet – dengan server VPN. Server kemudian menerapkan protokol enkripsi untuk semua data yang bolak-balik antara Anda dan tujuan online Anda.

Sebelum data dikirim dan diterima melalui internet, setiap data dibagi menjadi beberapa paket. Untuk memastikan setiap paket data tetap aman, VPN membungkusnya dalam paket luar, yang kemudian dienkripsi melalui proses yang disebut enkapsulasi . Paket tambahan ini menjaga data tetap aman selama transfer, dan itu adalah elemen inti dari terowongan VPN. Ketika data tiba di server, paket luar dihapus melalui proses dekripsi .

Saat Anda menggunakan VPN, paket Anda mencapai internet dengan alamat IP lain , yang disediakan oleh penyedia VPN Anda. Jadi jika Anda terus terhubung ke server jarak jauh yang berbeda, setiap kali internet akan melihat Anda sebagai orang yang berbeda. Jika Anda terhubung ke server di negara lain, Anda akan terlihat menjelajahi dari negara itu.

Kelebihan VPN

  • Fitur Keamanan bisa disesuaikan
  • vpn menyingkirkan pembatasan geografis
  • Privasi daring andtidak lagi beresiko
  • VPN melindungan anda dari penjahat dunia maya
  • VPN membuat anda aman dari sensor online
  • ISP anda tidak dapat mengecilkan bandwith anda

Kekurangan VPN

  1. Memerlukan perhatian ekstra dalam penetapan sistem keamanan VPN.
  2. VPN tidak bekerja pada semua platform secara asli.
  3. menggunakan vpn akan menurunkan kecepatan koneksi internet anda.
  4. Beberapa vpn mencatat data pengguna

1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *